Tentang Google Webmaster Tools

 

Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools adalah salah satu bantuan atau fitur yang diberikan oleh google untuk memudahkan para pemilik web atau blog mengamati top search keyword, domination keyword in blog, indeks, kata kunci popular, seberapa sering google mampir ke blog anda, serta masalah-masalah lainnya seperti broken link dan craw errors.

Manfaat atau keuntungan dari memakai webmaster tools antara lain, yaitu:

-          Status situs di google akan menggunakan status wizard. Dengan menggunakan tool site status wizard yang berada di alamat https://www.google.com/webmasters/tools/site, status ini akan bisa dilihat atau diketahui apakah sudah terindeks di google atau belum. Cara mengetahuinya hanya dengan mengisikan URL di bagian Enter your site URL Below kemudian klik next.

-          Menambahkan situs ke google. Apabila setelah dicek ternyata situs anda belum terindeks maka anda bisa menambahkan atau meng add situs anda dengan google webmaster tools. Menambahkan situs di google webmaster tools memiliki perbedaan dengan saat menambahkan di addurl nya google.

-          Submit sitemap ke google webmaster tools. Hal ini dilakukan agar situs anda bisa terdekteksi dan dibaca dengan baik oleh google webmaster tools. Caranya adalah klik menu sitemaps, lalu add sitemaps, kemudian pilih jenis sitemaps yang akan dikirim ke google. Tentukan URL dari file sitemap yang ada dan pilih Add General Web Sitemap.

-          Melihat statistik crawl dan distribusi page rank. Pada bagian statistic di google webmaster tools, akan ditampilkan distribusi page rank antar halaman disitus anda dan juga halaman yang memiliki page rank yang paling tinggi. Anda bisa melihatnya di crawl statistics, lalu klik click through.

-          Mengetahui pencarian yang paling banyak ke situs anda. Untuk yang ini, anda bisa melakukan dengan klik statistic, lalu overview untuk melihat berbagai macam data statistic  yang disediakan oleh google webmaster tools. Salah satunya adala top search queries yang akan menampilkan keyword yang paling banyak mengarah ke situs anda. Terdapat 2 kata data yang akan ditampilkan yaitu Top Search Queries dan Top Clicked Queries

-          Memeriksa Incoming dan Outgoing serta Internal Link. Google webmaster tools menyediakan daftar link-link yang menuju ke situs anda atau yang keluar dari situs, serta link yang dimiliki situs. Caranya yaitu anda bisa klik link lau overview, kemudian pilih link yang dimaksud.

Untuk bagaimana cara penggunaanya lebih detail tunggu artikel berikutnya  
Tentang Google Webmaster Tools 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Google Webmaster Tools Google Webmaster Tools adalah salah satu bantuan atau fitur yang diberikan oleh google untuk memudahkan para pemil...

Share Artikel Ini : Facebook Google+