Tentang Google Analytics

 

Google Analytics
Tentang Google Analytics
Google Analytics merupakan layanan gratis yang disediakan oleh sang google yang menampilkan statistic pengunjung sebuah situs atau web. Google analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay per click, email marketing dan juga link yang terkandung dalam dokumen PDF. Aplikasi google analytics sendiri dapat diakses melalui http://google.com/analytics/

Google analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan traffic dari website atau blog. Dengan menggunakan google analytics, seseorang dapat membuat report tentang traffic website atau blog dalam jangka harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada google analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun google.

Mengapa google analytics begitu penting? Google analytics memungkinkan anda untuk mengetahui: 
  • Siapa yang mengunjungi blog anda dengan fitur ini, anda bisa mengetahui area geografis pengunjung blog anda, browser digunakan, bahkan informasi-informasi yang lebih detail, seperti resolusi layar, apakah support javascript, flash dan sebagainya.
  • Apa yang pengunjung lakukan diblog anda. Anda dapat menelusuri ke bagian mana pengunjung berada, berapa lama mereka mampir dan berapa angka bounce rate (bounce rate adalah persentase pengunjung yang keluar dari blog anda ketika pertama kali berkunjung). Dengan informasi-informasi seperti ini, anda bisa meminimalkan angka bounce rate tersebut, bahkan meningkatkan page views blog anda.
  • Kapan mereka berkunjung. Dengan melihat waktu terpadat pada 1 hari di blog. Anda dapat memutuskan kapan waktu yang tepat untuk menerbitkan tulisan-tulisan baru. Mungkin ada perbedaan zona waktu tapi anda bisa menjadwalkannya kapan bisa menerbitkan tulisan sesuai dengan perbedaan waktu tersebut.
  • Dari mana mereka datang. Keuntungan lain dari google analytics adalah anda bisa mengetahui tentang darimana pengunjung mengetahui blog anda. Apakah melalui search engine (google, bing, ask, dll), direct links atau referencelink dari situs lain. Tak hanya persentase pengunjung dari tiap kategori yang disebutkan di atas, tetapi google analytics juga menyediakan informasi yang lebih detail yaitu bagaimana mereka berinteraksi dengan konten blog anda.
 Jika anda sudah memiliki akun google, anda bisa menggunakan username dan password tersebut untuk bisa menggunakan google analytics. Untuk bagaimana cara mendaftarnya anda bisa membacanya di artikel Mendaftar Google Analytics
Tentang Google Analytics 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Tentang Google Analytics Google Analytics merupakan layanan gratis yang disediakan oleh sang google yang menampilkan statistic pengunjung...

Share Artikel Ini : Facebook Google+