Perbedaan Simple Present Perfect dan Simple Past Tense

 

Perbedaan Simple Present Perfect dan Simple Past Tense » Fuad Compi Net berbagi informasi yang didukung oleh Masfim dot Com. Secara rumus, memang penyusunan kalimat present perfect tense dan simple past tense sangat berbeda, jika dalam present perfect tense kita menggunakan Verb 3 (kata kerja bentuk ketiga), sedangkan dalam simple past tense kita menggunakan Verb 2 (kata kerja bentuk kedua).

Sedangkan maknanya, jika kalimat ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kalimat yang mempunyai bentuk tenses present perfect tense dan simple present tense mempunyai arti yang sama yaitu: sudah atau telah.

PRESENT PERFECT TENSE
(+) S + HAVE/ HAS + VERB 3 + O
Yuwono has bought car
(-) S + HAVE/ HAS + NOT + VERB 3 + O
Yuwono has not bought car
(?) HAVE/HAS + S + V3 + O?
Has Yuwono bought car

SIMPLE PAST TENSE
(+)S + VERB 2 + O + ADVERB OF TIME (keterangan waktu)
Beni went to Jogja yesterday
(-)S + DID + NOT + V1 + O +ADVERB OF TIME
Beni did not go to Jogja yesterday
(?)DID + S + V 1 + O + ADVERB OF TIME
Did Beni go to Jogja yesterday?

Contoh :
I have eaten bread : saya telah makan nasi
I ate bread yesterday : saya telah makan nasi kemarin

Terkadang kita bingung kapan kita kita harus menggunakan simple present tense, kapan kita menggunakan simple past tense. Jika ingin membuat suatu kalimat yang kita tidak tahu atau tidak disertai dengan keterangan waktu maka kita menyusunnya menggunakan bentuk present perfect tense, sedangkan jika kita mengetahui keterangan waktunya, maka kita menggunakan simple past tense.

Jadi, perbedaan antara present perfect tense dan simple past tense hanya penggunaan keterangan waktu saja. Present perfect tense tidak ada keterangan waktu secara jelas. sedangkan simple past tense, ada keterangan waktu lampau yang jelas. 

Sumber : https://syifa249e.wordpress.com/tugas-tugas/data-data-bahasa-inggris/perbedaan-present-perfect-tense-simple-past-tense/
Perbedaan Simple Present Perfect dan Simple Past Tense 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Perbedaan Simple Present Perfect dan Simple Past Tense » Fuad Compi Net berbagi informasi yang didukung oleh Masfim dot Com . Secara rumus...

Share Artikel Ini : Facebook Google+