Jenis-Jenis Cemburu Yang Perlu Diketahui

 

Jenis-Jenis Cemburu Yang Perlu Diketahui
 Cemburu sering disebut sebagai tanda cinta dan menjadi bumbunya cinta agar hubungan tidak terasa hambar. Ternyata, cemburu itu juga ada banyak macamnya lho. Nah kalau kamu cemburu sama pacar atau kekasih kamu, termasuk cemburu yang seperti apa yah?

Menurut Sigmund Freud, cemburu adalah sejenis perasaan yang muncul karena rasa tidak nyaman dan takut. Rasa ini juga muncul saat diri merasa terancam atau ketika seseorang berasa dalam persaingan. Dia juga membagi cemburu ke dalam beberapa macam.

Langsung saja simak baik-baik macam-macam cemburu berikut ini. Dan cari tahu termasuk mana cemburu yang kamu rasakan saat ini.

1. Cemburu normal, cemburu persaingan.
Cemburu ini muncul saat kamu dihadapkan pada sebuah persaingan. Misalnya, persaingan untuk dapat pacar atau persaingan dalam mencari kerja dan lain sebagainya. Karena merasa takut dikalahkan atau hak miliknya direbut, maka seseorang akan merasa cemburu.

Rasa cemburu ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, bahkan sejak bayi, seseorang sudah memiliki rasa cemburu ini. Misalnya saat sedang menyusu, bayi cenderung akan lebih posesif kepada ibunya dan merasa bahwa ayah adalah ‘ancaman’ baginya. Masih banyi udah cemburuan aj yah?!

2. Cemburu yang meracau
Tipe kecemburuan ini disebut oleh Freud sebagai kecemburuan yang meracau, sebenarnya tidak masuk akal tetapi seseorang bisa sangat cemburu karenanya.

Misalnya, seorang istri yang mengidolakan artis tertentu, kemudian suami jadi cemburu karena artis tersebut telah menyita perhatian istrinya.

3. Cemburu karena kurang percaya diri
Saat ia merasa bahwa dirinya tak lebih baik dari orang lain, memiliki kekurangan, maka ia akan merasa cemburu terhadap mereka yang dianggap lebih darinya. Cemburu ini lebih ke sikap iri hati yang muncul karena kurang percaya diri.

Cemburu tipe ini dapat berbahaya bagi seseorang dan orang lain. Bagi diri sendiri, ia tidak akan merasa puas dan akan menyalahkan diri sendiri apabila tidak disikapi dengan positif. Sedangkan bagi orang lain, seseorang bisa saja kehilangan nyawanya karena kecemburuan seseorang.

4. Cemburu membabi buta.
Cemburu tipe ini merupakan percampuran rasa cemburu lainnya, antara kurang percaya diri, cemburu yang meracau, cemburu karena persaingan, dan lain sebagainya. Karena bercampur menjadi satu, terkadang cemburu ini menjadi sulit untuk dikendalikan.

Mereka yang mengalami cemburu membabi buta sama pacarnya akan bersikap protektif dan mengekang. Dia tidak akan mudah percaya dan selalu ingin tahu semua hal yang dilakukan pacarnya.

Sekarang, cemburu yang kamu rasakan ini termasuk cemburu yang mana yah?

[sumber]
Jenis-Jenis Cemburu Yang Perlu Diketahui 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam  Cemburu sering disebut sebagai tanda cinta dan menjadi bumbunya cinta agar hubungan tidak terasa hambar. Ternyata, cemburu itu juga ada ba...

Share Artikel Ini : Facebook Google+