Manfaat Makan Kurma bagi Kesehatan

 

Kurma yang lezat rasanya ternyata memiliki  bayak nutrisi penting untuk kesehatan. Kurma mengandung nutrien yang cukup lengkap yang terdiri dari karbohidrat, vitamin, mineral dan serat pangan (dietary fiber). Apa manfaat makan buah kurma untu kesehatan? Berikut beberapa manfaat makan buah kurma untuk kesehatan.

1. Mengembalikan Kesegaran Tubuh

Kurma mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang dengan cepat dapat memulihkan energi dan merevitalisasi tubuh. Kurma sangat dianjurkan sebagai makanan pembuka bagi muslim yang berpuasa.

2. Mengatasi Konstipasi
Kurma adalah makanan yang mempunyai efek laksatif. Efek laksatif artinya efek pencahar. Oleh karena itu makan kurma dapat membantu melancarkan BAB (buang air besar). Oleh karena itu sangat bermanfaat bagi penderita konstipasi (sembelit).

3. Mengatasi Mabuk
Kurma dikenal sebagai penyembuh mabuk akibat alkohol.

4. Membantu Mengatasi Diare
Kurma mengandung kalium (potassium) yang bermanfaat mengendalikan diare. Kurma juga mudah dicerna sehingga membantu mengatasi diare.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Kurma mengandung 20 jenis asam amino yang membantu proses pencernaan. Oleh karena itu kurma sangat mudah dicerna. Kurma juga mengandunf serat yang melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan dan mengikat bahan kimia penyebab kanker dalam kolon (usus besar).

6. Memperkuat Enamel Gigi
Kurma mengandung fluor yang merupakan mineral yang mencegah kerusakan gigi. Fluor juga diketahui mencegah pembentukan plak gigi karena memperkuat enamel gigi. Enamel gigi terdiri dari hidroksiapatit (hydoxyapatite), yang jika kontak dengan fluor membentuk hidroksifluorapatit (hydroxyfluorapatite) yang tahan terhadap kerusakan gigi. Fluor tidak dapat mengembalikan kerusakan gigi, namun dapat mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.

7. Mempertahankan Sistem Syaraf yang Sehat
Kurma kaya akan kalium yang merupakan mineral penting untuk kesehatan sistem syaraf.

8. Menyembuhkan Anemia
Kurma memiliki kandungan zat besi tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita anemia karena defisiensi (kekurangan) zat besi.

9. Mengatasi Impotensi
Kurma bermanfaat meningkatkan stamina seksual.

10. Menurunkan Kolesterol LDL
Kurma mengandung serat pangan yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus.

11. Mencegah Kanker
Kurma kaya akan zat antioksidan flavonoid sepeti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.  Zat-zat antioksidan ini memiliki kemampuan melindungi sel-sel tubuh terhadap radikal bebas sehingga melindungi tubuh terhadap kanker kolon, kanker prostat, kanker payudara, kanker endometrial, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.

12. Menjaga Kesehatan Mata
Kurma mengandung vitamin A yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan merupakan mikronutrien penting bagi kesehatan mata. Zeaxanthin adalah karotenoid penting untuk kesehatan mata yang melindungi mata terhadap degenerasi makula.

13. Mencegah Stoke dan Penyakit Jantung
Kalium atau potassium merupakan komponen penting sel tubuh dan cariran tubuh yang membantu mengendalikan laju detak jantung dan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan penyakit jantung koroner.

14. Menyehatkan Struktur Tulang, Gigi, Otot, dan Syaraf
Kurma kaya akan mineral kalsium. Kalsium merupakan mineral penting pada struktur tulang dan gigi dan diperlukan untuk kontraksi otot tubuh, dan konduksi impulse syaraf.

15. Membantu Metabolisma
Kurma mengandung vitamin B kompleks dan vitamin K dalam kadar yang memadai. Kurma mengandung pyridoxine (vitamin B6), niacin, asam pantotenat, dan riboflavin. Vitamin-vitamin ini bertindak sebagai ko-faktor yang membantu tubuh melakukan metabolism karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin K penting untuk berbagai faktor koagulasi dalam darah dan dalam metabolisma tulang.



[sumber]
Manfaat Makan Kurma bagi Kesehatan 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Kurma yang lezat rasanya ternyata memiliki  bayak nutrisi penting untuk kesehatan. Kurma mengandung nutrien yang cukup lengkap yang terdir...

Share Artikel Ini : Facebook Google+