Analisa Tugas

 

Analisa Tugas » The FIM Site kali ini akan sedikit berbagi info dari kami yang disponsori oleh MASFIM.com | Portal Informasi Terkini.

A. Analisa Tugas

Pengertian Analisis Tugas yakni sebagai proses mengkaji sebuah manusia melaksanakan tugas, peralatan yang mereka gunakan, dan hal-hal yang mereka perlu ketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan menggunakannya.

Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface.

Contoh Pengelompokkan tugas
Pada Fixed sequence, Optional tasks,Waiting events, Cycles, Time-sharing, Discreationary.

Cara melakukan analisis tugas
  • INPUT : sebagai aktifitas pemberian data  
  • OUTPUT : sebagai keluaran, hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun 
Contoh : ada penggunaan outputnya menggunakan analisis tugas yaitu sebagai berikut: Perancangan Detail Interface, Pendefinisian Kebutuhan dan Perancangan Sistem.


B. Sumber dan Penggunaan Informasi

Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk yang masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai, tetapi dapat diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi. 
  • Kelompok dalam Informasi : Informasi Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknis 
  • Informasi yang Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan.

Fungsi informasi suatu organisasi adalah suatu fungsi informasi bagi suatu organisasi yaitu memberikan kejelasan mengenai sesuatu hal yang sudah, sedang dan yang akan dihadapi oleh organisasi.


C. Data Input Output

1) Pengertian Input
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor. Alat Input yaitu sejumlah komponen atau alat yang digunakan user untuk memasukkan data ke dalam komputer untuk diproses lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang dibutuhkan.


2) Pengertian Output
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya. Peralatan output adalah peralatan yang digunakan untuk membawa data keluar komputer atau juga untuk memindahkan data dari komputer ke perangkat lainnya. Berdasarkan bentuk outputnya, unit output terdiri dari : Hardcopy device, alat yang digunakan untuk mencetak output ( misal: tulisan, angka, karakter dan simbol-simbol ) serta image ( grafik dan gambar ) pada media hard ( keras ) seperti kertas dan film.


D. Evaluasi dan Kognitif

Evaluasi kognitif adalah penilaian komprehensif fungsi kognitif dan perilaku dengan menggunakan tes dan prosedur standar berdasarkan data normatif. Beberapa daerah kognisi dinilai termasuk namun tidak terbatas pada IQ, prestasi akademik, perhatian dan konsentrasi, fungsi eksekutif (misalnya, pemecahan masalah, konseptualisasi, organisasi, perencanaan), memori dan belajar, bahasa, visuospatial fungsi, fungsi persepsi dan motorik, dan emosional / fungsi kepribadian.


Sumber:
  1. http://agastian1391-ciptakankedamaian.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-analisa-tugas_28.html
  2. http://elvinalvioni.blogspot.com/2011/04/sumber-dan-penggunaan-informasi.html 
  3. http://ilhamsmkn5.blogspot.com/2013/02/pengertian-input-dan-output-di.html
  4. http://www.ncnba.com/site/services/evaluation/cognitive-evaluation/ 
Analisa Tugas 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Analisa Tugas » The FIM Site kali ini akan sedikit berbagi info dari kami yang disponsori oleh MASFIM.com | Portal Informasi Terkini . A....

Share Artikel Ini : Facebook Google+