Pemahaman Singkat VLAN Trunking

 

Pemahaman Singkat VLAN Trunking » Fuad Compi Net berbagi informasi yang didukung oleh Masfim dot Com. VLAN Trunking merupakan Ethernet segmen di antara dua switch, dimana switch menambahkan VLAN header kedalam frame sebelum mengirim frame, VLAN trunking header mengidentifikasi VLAN mana yang menempati frame. Ada pengertian lain juga yang menyebutkan bahwa VLAN Trunking sebuah protokol proprietis Cisco yang menyebar melalui sebuah definisi Virtual Local Area Network (VLAN) pada jaringan area lokal secara keseluruhan. Untuk melakukan ini, VLAN Transfer Protokol (VTP) membawa informasi VLAN untuk semua switch dalam domain VTP. Iklan VTP dapat dikirim melalui ISL, 802.1Q, IEEE 802.10 dan batang LANE.

Sebenarnya fungsi dari VTP adalah memudahkan Jaringan yang mengakomodir dan network administrator dalam mengelola semua VLAN yang berskala besar dan telah dikonfigurasikan pada sebuah internetwork switch. Dalam artian bahwa dengan menggunakan fasilitas VTP, memungkinkan seorang jaringan atas untuk menambah, mengurangi, dan mengganti VLAN, dimana informasi VLAN tersebut kemudian disebarluaskan ke semua switch lainnya di domain VTP tersebut.

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dalam meneraokan konsep VLAN adalah berupa:
  1. Konfigurasi VLAN yang lebih stabil di semua switch di network
  2. Pengiriman VLAN-advertisement terjadi hanya di trunk-port
  3. Menambahkan VLAN secara plug –and-play
  4. Tracking dan monitoring VLAN-VLAN yang akurat
Dalam VLAN Trunking Protocol juga sebenarnya menggunakan management domain, artinya jika VTP dijalankan pada semua switch, pembuatan VLAN baru pada suatu switch akan menyebabkan VLAN tersebut tersedia pada semua switch yang terdapat VTP management domain yang sama. Sehingga dipandang sebagai suatu grup.

Dalam salah satu sumber lainnya, jika ingin membuat atau menambahkan sebuah switch menjadi bagian dari suatu VTP management domain, setiap switch tersebut harus dikonfigurasi dalam satu dari tiga mode VTP yang dapat digunakan. Mode VTP yang digunakan pada switch akan menentukan bagaimana switch berinteraksi dengan switch VTP lainnya dalam management domain tersebut. Terdapat tiga mode VTP yang digunakan pada switch Cisco yaitu mode server, mode client dan mode transparent.

Referensi : emulanetwork.wordpress.com/2011/01/05/konsep-vtp/
Pemahaman Singkat VLAN Trunking 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Pemahaman Singkat VLAN Trunking » Fuad Compi Net berbagi informasi yang didukung oleh Masfim dot Com . VLAN Trunking merupakan Ethernet se...

Share Artikel Ini : Facebook Google+