Pengertian dan Fungsi Firewall

 

Pengertian dan Fungsi Firewall » Fuad Compi Net berbagi informasi yang didukung oleh Masfim dot Com. Firewall adalah sistem keamanan yang menggunakan device atau sistem yang diletakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering atau saringan terhadap akses yang akan masuk. Sistem ini berupa seperangkat hardware atau software, bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh organisasi yang mengaturnya. Firewall juga dapat disebut sebagai sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall juga umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda.

Fungsi firewall umumnya adalah mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan. Firewall harus dapat mengatur, menyaring dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privasi yang dilindungi firewall. Firewall harus dapat melakukan pemeriksaan terhadap paket data yang akan melawati jaringan privasi. Beberapa kriteria yang dilakukan firewall adalah apakah memperbolehkan paket data yang dilewati atau tidak, antara lain :
  1. Alamat IP dari komputer sumber;
  2. Port TCP/UDP sumber dari sumber;
  3. Alamat IP dari komputer tujuan;
  4. Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan;
  5. Informasi dari header yang disimpan dalam paket data;
  6. Melakukan autentifikasi terhadap akses;
  7. Aplikasi proxy firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi;
  8. Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall. Ini memungkinkan membantu sebagai pendeteksian dini akan pembobolan jaringan.
Pengertian dan Fungsi Firewall 4.5 5 Fuadditiya Imaspadi Muharam Pengertian dan Fungsi Firewall » Fuad Compi Net berbagi informasi yang didukung oleh Masfim dot Com . Firewall adalah sistem keamanan yang...

Share Artikel Ini : Facebook Google+